Kategori

Selasa, 03 Desember 2013

Adobe FreeHand

Adobe FreeHand

Adobe FreeHand (sebelumnya Macromedia Freehand) adalah aplikasi komputer untuk membuat dua dimensi vektor grafis yang berorientasi terutama untuk ilustrasi profesional, desktop publishing dan pembuatan konten untuk Web. FreeHand mirip dalam lingkup, dimaksudkan pasar, dan fungsi ke Adobe Illustrator , CorelDraw dan Xara Designer Pro . Karena berdedikasi tata letak halaman dan kontrol teks fitur FreeHand, itu juga sebanding dengan Adobe InDesign dan QuarkXPress . Profesi menggunakan FreeHand meliputiDesain Grafis , Ilustrasi , Kartografi , Mode dan Desain Tekstil , Desain Produk , Arsitek , Science Research, dan Multimedia Production.
FreeHand diciptakan oleh Altsys Perusahaan pada tahun 1988 dan berlisensi untuk Aldus Perusahaan yang merilis versi 1 sampai 4.Pada tahun 1994, Aldus bergabung dengan Adobe Systems dan karena pasar tumpang tindih dengan Adobe Illustrator , FreeHand dikembalikan ke Altsys atas perintah Federal Trade Commission . Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia , yang merilis versi FreeHand 5 sampai 11 (FreeHand MX). Pada tahun 2005, Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan lini produk yang termasuk FreeHand MX, yang di bawah kepemilikan yang saat ini berada. 
Pembangunan telah dihentikan tetapi masih dijual dalam versi untuk Microsoft Windows dan Mac OS X . FreeHand MX tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Cina (tradisional dan disederhanakan), Perancis, Italia, Jepang, bahasa Spanyol dan Swedia.
FreeHand MX terus berjalan di bawah Windows 7 menggunakan modus kompatibilitas dan di bawah Mac OS X 10.6 (Snow Leopard) dalam Rosetta , sebuah PowerPC emulator kode, dan membutuhkan sebuah patch pendaftaran yang disediakan oleh Adobe . Freehand 10 berjalan tanpa masalah pada Mac OS X 10.6 dengan Rosetta diaktifkan, dan tidak memerlukan patch pendaftaran.

Sejarah

Altsys dan Aldus FreeHand

Pada tahun 1984, James R. Von Ehr mendirikan Altsys Perusahaan untuk mengembangkan aplikasi grafis untuk komputer pribadi. Berbasis di Plano, Texas , perusahaan awalnya diproduksi huruf editing dan konversi perangkat lunak, Fontastik Plus, Metamorfosis, dan Seni Importir.  PostScript utama paket font-desain mereka, Fontographer , dirilis pada tahun 1986 dan merupakan program pertama di pasar. Dengan PostScript didirikan dengan latar belakang Fontographer , Altsys juga mengembangkan FreeHand (awalnya bernama Masterpiece) sebagai program ilustrasi Macintosh Postscript berbasis yang menggunakan kurva Bezier untuk menggambar dan mirip dengan Adobe Illustrator . FreeHand diumumkan sebagai "... sebuah program grafis Macintosh digambarkan memiliki semua fitur dari Adobe Illustrator ditambah alat seperti di Mac Cat dan Mac Draft dan efek khusus sama dengan yang di Cricket Menggambar menggambar." SeattleAldus Korporasi memperoleh perjanjian lisensi dengan Altsys untuk melepaskan FreeHand bersama dengan produk andalan mereka, Pagemaker , dan Aldus FreeHand 1.0 dirilis pada tahun 1988. nama produk FreeHand yang digunakan intercaps, F dan H yang dikapitalisasi.
Kemitraan antara kedua perusahaan dilanjutkan dengan Altsys mengembangkan FreeHand dan dengan Aldus mengendalikan pemasaran dan penjualan. Setelah tahun 1988, pertukaran kompetitif antara Aldus FreeHand dan Adobe Illustrator terjadi pada Macintosh Platform dengan masing-masing software memajukan alat-alat baru, mencapai kecepatan yang lebih baik, dan pencocokan fitur yang signifikan. Windows pengembangan PC juga memungkinkan Illustrator 2 (alias, Illustrator 88 pada Mac) dan FreeHand 3 untuk merilis Windows versi untuk pasar grafis.
FreeHand 1.0 dijual seharga US $ 495 pada tahun 1988. Ini termasuk alat gambar standar dan fitur seperti program menarik lainnya termasuk efek khusus dalam mengisi dan layar, alat manipulasi teks, dan dukungan penuh untuk pencetakan warna CMYK. Itu juga memungkinkan untuk membuat dan menyisipkan PostScript rutinitas di mana saja dalam program ini. FreeHand dilakukan dalam modus pratinjau bukan mode Keyline tetapi kinerja lebih lambat.
FreeHand 2.0 dijual seharga $ 495 di tahun 1989. Selain meningkatkan pada fitur FreeHand 1.0, FreeHand 2 menambahkan operasi yang lebih cepat, Pantone warna, membelai teks, pola mengisi fleksibel dan otomatis mengimpor aset grafis dari program lain. Ia menambahkan kontrol yang akurat atas tampilan layar monitor berwarna, hanya dibatasi oleh resolusi.
FreeHand 3.0 dijual seharga $ 595 di tahun 1991. Fitur baru termasuk warna resizable, gaya, dan panel lapisan termasuk menu Atribut. Presisi juga ketat dari kedua alat yang ada dan menyelaraskan objek. FH3 menciptakan Paths majemuk. Teks dapat dikonversi ke jalur, diterapkan pada elips, atau dibuat vertikal. Dibawa dari versi 1.0, FreeHand 3 diderita memiliki teks yang dimasukkan ke dalam kotak dialog bukannya langsung ke halaman. Pada bulan Oktober 1991, upgrade 3.1 membuat pekerjaan FreeHand dengan Mac OS 7 tapi tambahan, itu didukung gambar sensitif tekanan yang ditawarkan bervariasi lebar garis dengan stroke pengguna. Ini meningkatkan manipulasi elemen dan menambahkan lebih banyak pilihan impor / ekspor.
FreeHand 4.0 dijual seharga $ 595 di tahun 1994. Altsys porting FreeHand 3.0 ke NeXT sistem menciptakan sebuah program baru bernama Virtuoso.  Virtuoso melanjutkan perkembangannya di Altsys dan versi 2.0 dari Virtuoso adalah fitur-setara dengan FreeHand 4 (dengan penambahan NeXT fitur khusus seperti Layanan dan Tampilan PostScript) dan file yang kompatibel, dengan Virtuoso 2 mampu membuka FreeHand 4 file dan sebaliknya. Sebuah fitur yang menonjol dari versi ini adalah kemampuan untuk mengetik langsung ke halaman dan bungkus dalam atau di luar bentuk apapun. Ini juga termasuk pencitraan drag-and-drop warna, karton yang lebih besar, dan antarmuka pengguna yang menampilkan mengambang, panel rollup. Warna palet termasuk mixer warna untuk menambahkan warna baru ke daftar carikan. Kecepatan meningkat dibuat.
Pada tahun yang sama dari FreeHand 4 rilis, Adobe Systems mengumumkan rencana merger dengan Aldus Perusahaan untuk $ 525.000.000. Ketakutan tentang akhir kompetisi antara dua aplikasi terkemuka ini dilaporkan di media dan diungkapkan oleh pelanggan (Illustrator dibandingkan FreeHand dan Photoshop vs PhotoStyler .) Karena tumpang tindih ini pasar, Altsysmelangkah dengan menuntut Aldus , mengatakan bahwa kesepakatan merger adalah "prima facie melanggar klausul non-bersaing dalam perjanjian lisensi FreeHand." Altsys CEO Jim Von Ehr menjelaskan, "Tidak ada yang mencintai FreeHand lebih dari yang kita lakukan. Kami akan melakukan apa pun diperlukan untuk melihatnya bertahan hidup. " The Komisi Perdagangan Federal mengeluarkan keluhan dari Adobe Systems pada 18 Oktober 1994 memesan divestasi FreeHand untuk "memperbaiki berkurangnya persaingan yang dihasilkan dari akuisisi seperti yang dituduhkan dalam pengaduan Komisi," dan lanjut, FTC pemesanan, "Itu untuk jangka waktu sepuluh (10) tahun sejak tanggal pesanan ini menjadi final, responden tidak akan, tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Komisi, langsung atau tidak langsung, melalui anak perusahaan, kemitraan, atau sebaliknya Memperoleh ... setiap Ilustrasi Software Professional atau memperoleh atau masuk ke dalam lisensi eksklusif untuk Profesional Ilustrasi Software, " (. mengacu pada FreeHand) FreeHand dikembalikan ke Altsys dengan semua hak lisensi dan pemasaran serta AldusFreeHand daftar pelanggan itu.

Macromedia Freehand

Pada akhir tahun 1994, Altsys masih mempertahankan semua hak untuk FreeHand. Meskipun rencana singkat untuk tetap di rumah untuk menjualnya bersama dengan Fontographer dan Virtuoso,  Altsys mencapai kesepakatan dengan perusahaan software multimedia, Macromedia , yang akan diperoleh. Kesepakatan bersama ini memberikan FreeHand dan Fontographerrumah baru dengan sumber daya yang cukup untuk pemasaran, penjualan, dan persaingan terhadap yang baru bergabung Adobe - Aldus . perusahaan Altsys akan tetap di Richardson, Texastetapi akan diganti sebagai Digital Arts Kelompok Macromedia dan bertanggung jawab untuk pengembangan lebih lanjut dari FreeHand. Macromedia menerima FreeHand 200.000 pelanggan dan memperluas lini produk tradisional dari perangkat lunak grafis multimedia untuk ilustrasi dan software desain grafis.  CEO James Von Ehr menjadi Macromedia wakil presiden sampai 1997 ketika dia keluar untuk memulai lagi venture.
FreeHand 5.0 dijual seharga $ 595 di tahun 1995. Versi ini menampilkan ruang kerja yang lebih disesuaikan dan diperluas, beberapa tampilan, desain dan alat editing kuat, generator laporan, spell check, style paragraf, multicolor gradien mengisi hingga 64 warna, peningkatan kecepatan, dan plugin Illustrator diterima. Pada September 1995, upgrade 5.5 menambahkan Photoshop plug-in dukungan, PDF kemampuan impor, fitur Extract, grafis inline untuk teks, ditingkatkan wadah teks auto berkembang, fitur Tanaman, dan Buat PICT fitur Image.
A FreeHand 5.5 Upgrade adalah bagian dari FreeHand Graphics Studio (suite yang termasuk Fontographer , XREs (gambar aplikasi editing), dan Extreme 3D (animasi 3D dan aplikasi modeling).
FreeHand 6.0 pada tahun 1996. Versi ini hanya ada dalam versi beta. Beberapa Freehand 7 versi prerelease yang dirilis di bawah Freehand 6 tag.
FreeHand 7.0 dijual seharga $ 399 pada tahun 1996, atau $ 449 sebagai bagian dari FreeHand Graphics Studio (lihat di atas.) Fitur termasuk user interface didesain ulang yang memungkinkan mengkombinasikan Inspektur, Panel Tab, Panel Dockable, Smart Cursors, Drag dan Drop dengan Adobe aplikasi dan QuarkXPress , Grafis Cari dan Ganti, Java (bahasa pemrograman) dan AppleScript Otomasi, pembuatan Chart, dan Efek baru alat dan fungsi. Shockwave diperkenalkan untuk memanfaatkan grafis untuk Web.
FreeHand 8.0 dijual seharga $ 399 pada tahun 1998. Versi ini mulai mengintegrasikan ke Web dengan kemampuan untuk mengekspor grafis langsung ke Macromedia Flash . Toolbar disesuaikan dan shortcut keyboard adalah fitur yang menonjol. Juga Lens Isi dan Transparansi, alat Freeform, Graphic Hose, Emboss Efek, dan "Kumpulkan untuk Output" fungsi untuk cetak.
FreeHand 9.0 dijual seharga $ 399 di 2000 atau $ 449 sebagai bagian dari Flash 4 FreeHand Studio bundel. Ini adalah reposisi utama untuk FreeHand menekankan Web dan terutama keluaran Flash. Membuat animasi Flash sederhana dari lapisan ditampilkan. Perspektif Grid, Magic Wand tool Tracing, Lasso tool, dan alat Halaman yang memperlakukan halaman seperti objek (mengubah ukuran, clone, memutar, dll)
FreeHand 10.0 dijual seharga $ 399 di 2000 atau $ 799 sebagai bagian dari bundel Studio MX. Macromedia dirilis ini sebagai berkarbonisasi untuk kedua Mac OS 9 dan Mac OS X . Ini berbagi umum Macromedia GUI Antarmuka dan beberapa alat yang ditambahkan atau diubah namanya untuk mencocokkan alat Flash . Fitur baru termasuk brushes, Master Pages, Print Area, dan Panel Navigasi untuk menambahkan link, nama, dan menambahkan tindakan atau catatan ke obyek. Juga "Cerdas kursor" Pen dan Bezigon Peralatan dan Gradient Isi Contour.
Sebuah versi minor dari FreeHand 10 (10.0.1) datang sebagai hasil dari Adobe memenangkan gugatan terhadap Macromedia atas pelanggaran paten pada Panel Tab. Sebuah pengerjaan ulang dari user interface yang dihasilkan memperbaiki sementara ini untuk edisi panel. 10.0.1 tersedia dengan bundel Studio MX atau sebagai pembelian baru tapi tidak tersedia sebagai patch untuk pengguna yang ada.
FreeHand MX dijual seharga $ 399 di 2003 atau $ 1580 sebagai bagian dari bundel Studio MX 2004. FreeHand 11 dipasarkan sebagai FreeHand MX dan menampilkan antarmuka integrasi ketat dengan Macromedia MX lini produk. Rilis ini juga menampilkan Panel Obyek dirubah di mana semua atribut dan properti teks dipusatkan untuk mengedit, Beberapa Atribut untuk efek terbatas, Efek Hidup, Hidup-mengedit bentuk dasar, alat Konektor Lines, Flash dan Fireworks integrasi, Extrude, Erase, dan Bagan alat, bersama dengan perbaikan alat-alat standar.
Selama pengembangan FreeHand MX, pelanggan menginstal dasar adalah pengguna di seluruh dunia 400.000  tetapi karena persaingan dengan Adobe Illustrator pangsa pasar 's, Macromediaterfokus hanya pada lineup berorientasi web Flash, Dreamweaver, Fireworks, dan Kontribusi. Pada tahun 2003, Macromedia mengurangi tim pengembangan FreeHand ke anggota inti untuk menghasilkan beberapa update 11.0.2 dirilis pada Februari 2004. Perusahaan ini merilis sebuah rangkaian produk akhir sebelum merger tahun 2005 dengan Adobe , yang disebut Studio 8, yang ditandai dengan tidak adanya FreeHand dari aplikasi online interaktif suite dari Dreamweaver , flash , Fireworks , Sumbang , dan FlashPaper .

Adobe Freehand

Pada tanggal 18 April 2005, Adobe Systems mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Macromedia dalam pertukaran saham senilai sekitar $ 3,4 miliar. The Departemen Kehakimanmengatur transaksi yang datang 10 tahun setelah Komisi Perdagangan Federal 's 1994 putusan yang dilarang Adobe dari memperoleh FreeHand. Akuisisi ini berlangsung pada tanggal 3 Desember 2005, dan Adobe mengintegrasikan perusahaan operasi, jaringan, dan organisasi-customer care segera sesudahnya.  Adobe mengakuisisi FreeHand bersama dengan seluruhMacromedia lini produk yang termasuk Flash, Dreamweaver , dan Fireworks tetapi tidak termasuk Fontographer , yang FontLab Ltd berlisensi dengan opsi untuk membeli semua hak. akuisisi Adobe dari Macromedia meragukan masa depan FreeHand, terutama karena produk pesaing Adobe, Illustrator. Adobe diumumkan pada Mei 2006 bahwa mereka berencana untuk terus mendukung FreeHand dan mengembangkannya "berdasarkan kebutuhan [mereka] 'pelanggan".  Satu tahun kemudian pada tanggal 15 Mei 2007, Adobe mengatakan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan dan update program dan perusahaan akan menyediakan alat-alat . dan dukungan untuk memudahkan transisi ke Illustrator  Dalam sebuah wawancara 2008 dengan Senior Product Manager Illustrator, Terry Hemphill, ia mengatakan kepada pengguna FreeHand: "FreeHand tidak akan dihidupkan kembali, saatnya untuk pindah, benar-benar. Tim Illustrator membuat upaya bertekad untuk memberikan yang terbaik dari FreeHand ke Illustrator, yang harus terlihat dari beberapa fitur baru di CS4. " 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar