Kategori

Senin, 02 Desember 2013

GIMP


GIMP


GIMP (GNU Gambar Manipulation Program) adalah retouching gambar dan alat editing  dan dirilis di bawah LGPLv3sebagai dan versi perangkat lunak bebas dan open source . Ada versi yang disesuaikan untuk sebagian besar sistem operasi termasuk Linux , OS X , dan Microsoft Windows .
GIMP memiliki alat yang digunakan untuk retouching gambar dan editing, bentuk-bebas gambar, mengubah ukuran, cropping, foto-montages , mengkonversi antara format gambar yang berbeda, dan tugas-tugas yang lebih khusus. Gambar animasi seperti GIF dan MPEG file dapat dibuat dengan menggunakan plugin animasi.
Para pengembang dan pengelola dari GIMP berusaha untuk menciptakan high-end aplikasi grafis perangkat lunak bebas untuk mengedit dan penciptaan gambar asli, foto, ikon, unsur-unsur grafis dari halaman web, dan seni untuk elemen antarmuka pengguna.

Sejarah 

GIMP 2.6 memanipulasi gambar pada Kubuntu
GIMP awalnya dirilis sebagai General Gambar Program Manipulasi, oleh pencipta Spencer Kimball dan Peter Mattis .Pengembangan GIMP dimulai pada tahun 1995 sebagai proyek semester-lama di University of California, Berkeley , rilis publik pertama dari GIMP (0,54) dibuat pada bulan Januari 1996. Ketika Richard Stallman mengunjungi UC Berkeley pada tahun berikutnya , Kimball dan Mattis bertanya apakah mereka bisa mengubah Umum GNU (nama sistem operasi yang dibuat oleh Stallman).  Dengan persetujuan Stallman, definisi dari singkatan GIMP diubah menjadi berarti GNU Gambar Program Manipulasi, yang juga mencerminkan keberadaannya di bawah Proyek GNU. GIMP dikembangkan oleh kelompok terorganisir diri relawan di bawah bendera proyek GNOME .
Jumlah arsitektur komputer dan sistem operasi yang didukung telah berkembang secara signifikan sejak rilis pertama. Rilis pertama didukung UNIX sistem seperti Linux, SGI IRIX dan HP-UX . Sejak rilis awal, GIMP sudah porting ke banyak sistem operasi, termasuk Microsoft Windows dan OS X , port asli untuk Windows Platform 32-bit dimulai oleh programmer Finlandia Tor Lillqvist (tml) pada tahun 1997 dan didukung dalam rilis GIMP 1.1.
GIMP melihat pembentukan komunitas dan adopsi yang cepat setelah rilis pertama. Komunitas yang terbentuk mulai mengembangkan tutorial, karya seni dan berbagi lebih baik alur kerja dan teknik.
A new tool GUI kit disebut GTK + (GIMP tool kit) dikembangkan untuk memfasilitasi pengembangan GIMP. GTK + diganti GTK pendahulunya (ada simbol plus) setelah didesain ulang dengan menggunakan pemrograman berorientasi objek teknik. Perkembangan GTK + telah dikaitkan dengan Peter Mattis menjadi kecewa dengan Motif toolkit GIMP awalnya digunakan;. Motif digunakan sampai GIMP 0.60.

Perhatian Media 

Kebugaran GIMP untuk digunakan dalam lingkungan profesional secara teratur terakhir dan dengan demikian sering disebut sebagai pengganti mungkin untuk Adobe Photoshop . The pengelola berusaha untuk memenuhi visi produk GIMP daripada meniru antarmuka dari Adobe Photoshop.
GIMP 2.6 telah ditinjau dua kali oleh Ars Technica . Dalam review pertama, Ryan Paulus mencatat bahwa GIMP menyediakan "kemampuan Photoshop-seperti dan menawarkan serangkaian fitur yang luas yang telah membuatnya menjadi populer dengan amatir seniman dan open source fans. Meskipun GIMP umumnya tidak dianggap sebagai pengganti yang cukup untuk high-end komersial alat, itu mulai mendapatkan beberapa penerimaan di pasar pro. "  Dave Girard juga meninjau GIMP 2.6, khususnya dengan tujuan menguji kebugaran GIMP untuk tugas-tugas profesional. Dia mencatat di awal bahwa GIMP adalah alat high-end, tapi review kesimpulan mencatat bahwa, meskipun banyak alat GIMP yang berkualitas tinggi, ia merasa bahwa GIMP kekurangan di beberapa daerah seperti mengedit non-destruktif, dan bahwa itu hilang pilih alat (seperti sikat desaturasi).
The mode single-jendela GIMP 2.8 telah direview oleh Ryan Paul dari Ars Technica , yang mencatat bahwa itu membuat pengalaman pengguna merasa "lebih ramping dan kurang berantakan".

Pembangunan 

GIMP terutama dikembangkan oleh sukarelawan sebagai proyek perangkat lunak bebas di bawah bendera dari proyek GNU . Pembangunan berlangsung dalam public git kode sumber repositori, di milis publik dan dalam saluran publik chat di GIMPNET IRC jaringan .
Fitur baru yang diadakan di cabang terpisah kode sumber publik dan bergabung ke dalam cabang utama (atau pengembangan) ketika mereka mampu untuk digabung ke GIMP tanpa sengaja merusak fungsi yang ada. Kadang-kadang ini berarti bahwa fitur yang muncul lengkap tidak bisa bergabung atau waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum mereka tersedia di GIMP.
GIMP sendiri dirilis sebagai kode sumber. Setelah installer kode sumber release dan paket yang dibuat untuk sistem operasi yang berbeda oleh pihak-pihak yang mungkin atau mungkin tidak berhubungan dengan pengelola GIMP.
The nomor versi yang digunakan dalam GIMP dinyatakan dalam format besar-kecil-mikro, dengan masing-masing nomor membawa arti khusus: Yang pertama (utama) jumlah bertambah hanya untuk perkembangan utama (dan saat ini 2). Yang kedua (minor) jumlah bertambah dengan setiap rilis fitur baru, dengan angka ganjil disediakan untuk di-progress versi pengembangan dan bahkan nomor ditugaskan untuk rilis stabil, yang ketiga (mikro) jumlah bertambah sebelum dan setelah setiap rilis (yang mengakibatkan bahkan angka untuk rilis, dan angka ganjil untuk snapshot pengembangan) dengan perbaikan bug kemudian diterapkan dan dirilis untuk versi stabil.
Setiap tahun GIMP berlaku untuk beberapa posisi di Google Summer of Code (GSoC);  sampai saat ini GIMP telah berpartisipasi dalam semua tahun kecuali 2007. Dari 2006-2009 ada sembilan proyek GSoC yang telah terdaftar sebagai sukses, meskipun tidak semua proyek sukses telah digabungkan kedalam GIMP belum. Sikat penyembuhan dan perspektif clone alat dan Ruby bindings diciptakan sebagai bagian dari GSoC 2006 dan dapat digunakan dalam arus  versi GIMP, meskipun ada tiga proyek lainnya yang telah diselesaikan dan belum tersedia di kandang versi GIMP, proyek-proyek yang Vector Layers, dan JPEG 2000 plug-in. Beberapa proyek yang selesai pada tahun 2008, tetapi tidak ada yang belum merupakan bagian dari rilis stabil dari GIMP. 

User interface [ sunting ]

GIMP, versi 2.8.0 RC1 menunjukkan mode single-window
Antarmuka pengguna GIMP dirancang dengan desain khusus dan tim kegunaan. Tim ini dibentuk setelah para pengembang GIMP mendaftar untuk bergabung dengan OpenUsability proyek.Sebuah kelompok curah pendapat antarmuka pengguna sejak saat itu telah diciptakan untuk GIMP, di mana pengguna GIMP dapat mengirimkan saran mereka tentang bagaimana mereka berpikir user interface GIMP dapat ditingkatkan.
GIMP disajikan dalam dua bentuk, modus jendela tunggal dan ganda; GIMP 2.8 default ke mode multiple window. Dalam beberapajendela modus satu set jendela berisi semua fungsi GIMPS. Secara default, alat dan pengaturan alat yang di sebelah kiri dan dialog lainnya adalah di sebelah kanan. 
GTK + (GIMP tool kit) digunakan untuk membuat antarmuka pengguna grafis. Penciptaan dan sejarah GTK + 's mengenai GIMP dijelaskan dalam bagian sejarah di atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar