1. sepatu, yang sering di pakai dalam melukis sepatu biasanya jenis kanvas, walaupun sebenarnya dari serat nilon (atau apa namanya) itu juga bisa seperti sepatu anak yang saya buat teknik pengerjaan agak berbeda dengan sepatu kanvas. akan saya jelaskan dilain waktu.
2. cat, cat yang di gunakan biasanya acrilyc yang termurah merknya marries kamu bisa dapatkan di toko-toko besar atau toko-toko alat lukis. harganya bervariasi mulai yang termurah 20 rb s/d 50 rban.
3. kuas, kuas yang dipergunakan biasanya yang terkecil karena media yang kita lukis ini ukurannya kecil, saya sendiri menggunakan yang ukuran 000 s/d 4, harga nya bervariasi saya pergunakan yang paling mahal yang uk. 000 saja harganya 30 rb-an. saya gunakan yang bagus dan mahal karena lebih enak dipergunakan serta awet.
4. tatakan gambar, bisa kamu buat sendiri dari teriplek yang tempelkan ke balok dengan kemiringan tertentu sehingga enak untuk di lihatnya (gbrnya belum saya buat), kalau mau pesan juga booleh.
5. vernish, ada yang cair dan ada yang semprot, kalau saya pergunakan yang cair karena lebih murah ketimbang yang semprot, yang cair harganya 60 rb sementara yang semprot bisa mencapai 200 rb-an.
6. bakat melukis, kesulitan melukis di atas sepatu ini karena bentuknya yang kecil beda sekali ketika kita melukis di atas kanvas, dibutuhkan ketelitian, kesabaran, dan ketelatenan karena kalau tidak pening deh kepala di jamin. saya juga jual obat sakit kepala loh.
7. dan lain-lain, banyak yang bisa di aplikasikan kedalam seni lukis sepatu ini tergantung imajinasi serta daya kreatif kita seperti menggunakan mata-mata an, glitter dll.
8. selamat datang di dunia seni sepatu lukis, semoga seni di indonesia semakin maju dan semakin kreatif para seniman untuk berkreasi karena dengan kreasi seni ini banyak yang di untungkan selain lumayan buat pemasukan sendiri juga meningkatkan penjualan para pembuat sepatu kanvas, bayangin dalam 3 bulan terakhir harga sepatu kanvas sudah naik 2 kali, saya cuma bisa ngelus dada aja, tapi alhamdulillah berkat tangan-tangan kreatif kita sudah meningkatkan pendapatan para pengrajin sepatu kanvas, mungkin dilain waktu kita keroyok rame-rame tas kanvas biar laku dipasaran tapi kalau udah laku mbok ya jangan naik-naik terus.
9. pinsil untuk sketch, sangat diperlukan buat yang baru nyoba-nyoba ngelukis.