Kategori

Selasa, 21 Januari 2014

Teknik simpul menyimpul

 KERAJINAN SIMPUL MENYIMPUL




Kerajinan tangan simpul menyimpul dengan menggunakan berbagai macam benang disebut dengan Makrame. Kita dapat menemukan nya dalam kehidupan kita sehari-hari. 
Kemampuan menyimpul benang atau tali dapat mendatangkan penghasilan, karena jenis kerajinan ini dapat digunakan sebagai hiasan, atau benda pakai. Ketahanan kerajinan tangan makrame tergantung pada kualitas benang atau tali yang digunakan, semakin baik benang atau talinya tentu memiliki ketahanan yang lebih lama.
Kerajinan makrame tentu sangat tepat diperkanalkan kepada anak usia dini, mengasah dan mengembangkan motorik halus mereka, tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan daya nalar pula. 
Serta memperkenalkan manfaat tali atau benang serta jenis kerajinan yang dihasilkannya dalam kehidupan sehari-hari seperti kerajinan makrame 
Kerajinan makrame ini sangat mudah membuatnya dan tentunya butuh keseriusan, kesabaran dan ketelitian.
A.      Membuat Gelang Tangan dari benang wol
Alat dan bahan
  1. Botol plastik, misalnya botol air mineral
  2. Benang wol warna-warni
  3. Gunting
  4. Cutter
Cara membuatnya
  1. Potonglah botol air mineral secara melingkar seukuran gelang yang akan dibuat, dan beri lobang diujung masing-masing potongan botol yang akan dibuat gelang sebagai tempat kancing atau tempat penyimpulan.
  2. Lilitkan benang wol pada potongan botol air mineral tersebut kemudian atur agar lilitan benang benar-benar rapat
  3. Sambung benar untuk mengganti warna
  4. Ikatlah benang pada kedua lobang atau dapat juga disatukan dengan aneka kancing
B.      Gantungan pot bunga
alat dan bahan
  1. Tambang plastik 24 meter
  2. gunting
  3. paku
  4. pot
Cara membuat
  1. Tambang plastik dipotong menjadi delapan potong. Setiap potongnya mempunyai panjang 3 meter
  2. Kedelapan tali disatukan dan dilipat menjadi dua bagian yang sama. Kemudian disimpulkan dibagian atas, kurang lebih berjarak 15 cm dari atas untuk menggantungkannya.
  3. ika bagian tambang tersebut sudah disimpulkan manjadi 4 bagian (setiap kelompok 2 utas tali), setiap kelompok dibuat simpul-simpul. Untuk memudahkan menyimpul harus dipelajari dulu simpul jangkar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar