Kategori

Rabu, 22 Januari 2014

Cara membuat Tas Rajutan dari Plastik

Membuat tas rajutan dari plastik 'kresek'

Salah satu resolusi hijau saya di tahun 2010 adalah mengurangi pemakaian tas plastik kresek dengan membawa tas belanja sendiri, dan sudah cukup berhasil langsung diterapkan dengan membawa tas kain yang dapat dilipat.

Sayangnya, ternyata saya tetap punya masalah kalau belanja bulanan cukup banyak. Terpaksa saya tetap merelakan barang belanjaan saya dimasukkan ke dalam tas plastik kresek. Memberikannya lagi kepada pemulung sampah atau tukang sayur meskipun bisa memperpanjang umur si plastik tapi akan berujung di TPA sampah lagi.

Belakangan ini, sejak saya mulai jatuh cinta lagi dengan kerajinan tangan merenda ( hakken/crocheting ) atau merajut dengan 1 jarum, saya teringat pernah membaca ada yang merajut tas plastik kresek menjadi sebuah tas yang cantik, yang waktu itu hanya saya baca sepintas dan menganggapnya itu adalah sebuah ide ‘gila’ !

Tapi ternyata saya salah, merajut tas kresek itu sama sekali bukan ide ‘gila’, bahkan sangat jenius !

Bisa jadi memang kelihatan agak sedikit repot, tapi bisa jadi tidak juga kalau kita berpikir untuk 'do something for save our world !'  Karena setelah dipraktekkan,ternyata saya membutuhkan sekitar 7 kantong plastik kresek ukuran sedang hanya untuk membuat 1 buah tas ukuran kecil. Solusi banget untuk mereduksi sampah plastik saya.

Banyak hal sebenarnya yang bisa diperoleh dari kegiatan ini.
Yang pertama jelas, sangat mereduksi sampah plastik. Kemudian yang kedua, dengan sentuhan kreativitas bisa jadi peluang usaha juga untuk yang punya hobi merajut. Dan yang ketiga, dapat memberdayakan masyarakat kurang mampu jika diajarkan kepada asisten rumahtangga / PRT atau ibu2 kurang mampu, sekaligus menambah pengetahuan mereka untuk hidup lebih ramah lingkungan.

Atas permintaan teman-teman, saya coba share step by step cara merajut tas plastik kreseknya ya...

Pemilihan plastik kresek :

-  pilih plastik bekas yang cukup lentur dan tidak terlalu tebal untuk bisa dirajut
-  cobalah bereksperimen dengan berbagai jenis plastik kresek ( tidak hanya plastik kresek tapi juga jenis plastik bekas buah, kertas fotocopy, laundry, roti dsb. )
-  pilah2 dan jadikan satu tas plastik kresek yang mempunyai jenis dan warna yang sama / senada
-  jangan gunakan tas plastik kresek hasil daur ulang yang kesekian kali karena mungkin saja mengandung zat-zat yang beracun
-  pilih tas plastik yang masih bersih, atau yang masih bisa dibersihkan, dan tidak bau
-  penting : jangan sampai membeli tas plastik kresek khusus untuk dirajut !

Membuat benang plastik atau plastic yarn (plarn) :


bentangkan tas plastik kresek
lipat seperti gambar di atas
gunting2 selebar kurang lebih 1 cm,
buang bagian alas dan pegangannya
sambung potongan plastik dengan cara
seperti menyambung karet gelang untuk dijadikan tali


kantong plastik kecil akan menghasilkan sekitar 5 m ‘plarn’,sedangkan kantong plastik yang besar bisa menghasilkan sekitar 20 m

Plarn siap digunakan untuk merajut berbagai macam bentuk tas atau benda lain. Kalau belum bisa merajut, carilah buku2 belajar merajut di toko buku, video tutorial di i-net, cari teman yang bisa mengajarkan, atau ikut komunitas merajut yang ada di daerah tempat tinggal.


Saya menggunakan hook no 6 untuk membuat tas perlengkapan mandi mungil seperti ini, dengan hanya menggunakan 3 jenis tusukan dasar : chain, single crochet & double crochet, dan menghabiskan sekitar 7 kantong plastik berukuran sedang. Jika dibuat dengan ukuran yang lebih besar bisa saja dipakai untuk tas belanja.


Tapi.....
Ada satu hal penting yang harus diperhatikan, Recycle adalah tetap pilihan terakhir dalam mengelola sampah sesudah Reduce & Reuse.

2 komentar: