Kategori

Minggu, 19 Januari 2014

Lukis dalam Baju



Cara Melukis di Atas Baju (kain) Menggunakan Cat Acrylic

Siapa yang tidak menyukai seni? Tentu saja semua orang menyukai seni. Seni dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang, contoh misalnya lukisan, ornamen, fotografi, dll. Dan lukisan pun tidak harus di atas kanvas, melainkan di berbagai benda yang dapat kita aplikasikan untuk dilukis.

Kali ini saya mendapat tugas kedua dari guru seni budaya, saya dan teman-teman saya diharuskan untuk melukis dengan media kain menggunakan cat acrylic. Uhh, betapa bingungnya saya dan teman-teman saya mendengar hal itu. Dengan cepat, saya menentukan media yang hendak saya lukis, yakni Baju.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbD-q89hYYyXAhaqe6C6UId0PbC9_1izP5vjIQi-JdP9MjawpIFQT5VGynvzSHjej29JhmCvcl8iqkDyuAFLuu_SM575cxRknHe9q7EoCBdJPm0DAEp2nbSyHyAQpsrh2Gv7bHiXzGClI/s320/kaos+before+after.jpg

Di samping inilah baju yang telah saya lukis, Alhamdulillah hasilnya memuaskan dan saya mendapat nilai maksimal lagi Jwaktu yang saya butuhkan hanya 2 minggu, molor karena saya harus mengerjakan tugas-tugas yang lainnya.


Melukis di atas kain tidaklah mudah, tergantung pada jenis kain yang akan dilukis. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran yang tinggi dan ketekunan dalam mengerjakannya.

Inilah cara-cara yang saya terapkan :


1.) Siapkan peralatan melukis anda. contohnya : baju (kain), kuas, cat acrylic, palet, pensil, penghapus, alas (koran bekas), jepitan (untuk menjepit kain dengan alas) dll.
2.) Pilihlah kain yang terbuat dari bahan yang menyerap air dan tidak licin. Dan pilih warna sesuai kebutuhan.
3.) Pertama-tama masukkan alas kedalam kaos dan jepit dengan jepitan, agar anda lebih mudah menyeketsanya. Apabila anda memilih kain berwarna gelap, gunakan pensil 7B agar seketsa anda tampak.
4.) Gunakan cat acrylic yang bagus dan yang tidak mudah luntur terkena air, sudah banyak terjual dipasaran (sebaiknya gunakan cat acrylic dari marie's)
5.) Gunakan kuas yang bagus agar hasil lukisan anda lebih optimal. Dan kuas yang banyak dan berbagai ukuran (sebaiknya gunakan kuas Lyra)
6.) Setelah itu, mulailah mencampur warna yang akan anda gunakan. Usahakan menggunakan beberapa palet agar anda mudah untuk memilih warna dan mencampurnya. Pisahkan warna yang cerah dengan warna yang gelap. Gunakan air bersih secukupnya untuk mencampur cat, apabila terlalu banyak menggunakan air maka warna yang akan didapat akan pudar dan kurang indah pada kain.
7.) Melukislah di tempat yang cukup cahayanya dan tempat yang membuat anda nyaman untuk melukis.
8.) Jangan takut untuk salah, karena cat acrylic bisa dihapus dengan air dan bisa ditumpuk dengan warna lain dengan kadar air yang sedikit.
9.) Agar lukisan anda menjadi lebih hidup, maka gunakan gradasi warna yang sesuai. Contoh pada daun pada lukisan saya. Saya memperoleh gradasi warna dari hijau tua (hijau+hitam sedikit), setelah kering, saya tumpuk dengan warna hijau muda kekuning-kuningan (hijau+kuning)
10.) Siapkan wadah kosong berisi air untuk mencuci kuas anda dan siapkan air bersih untuk mencampur warna (usahakan bukan air dari kuas kotor anda)

Sekian cara-cara melukis di atas baju (kain) dari saya. Apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam pemakaian bahasa, saya mohon maaf dan mohon kommen di bawah ini. :)
Semoga artikel saya ini bermanfaat :) Keep imagination and Keep Artistic :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar