Kategori

Selasa, 21 Januari 2014

Cara Membuat Tas Pita

TaS Pita




Pita, pernahkah terfikir dibenak Anda membuat tas dengan menggunakan pita? Apakah bisa? Bagaimana cara membuatnya? Tentu bisa, cara membuat tas pita ini hampir sama dengan tas lain pada umumnya, hanya saja bahan utama yang digunakan adalah pita.

Alat dan bahan lain yang digunakan adalah :
·          gunting,
·          jarum,
·          benang.
·          kain dasar,
·          busa tipis (biasanya digunakan untuk lapisan baju, bisa juga untuk tas) dan
·          risleting.

Untuk membuat tas pita ini dibutuhkan ketelitian.
·          Pertama, anyam pita hingga berukuran 25cm x 30cm membentuk sebuah tas (banyak pita tergantung jenis pita yang digunakan).
·          Pada bagian atas tas anyam dengan menggunakan warna pita berbeda. Jahit ujung-ujung pita yang sudah dianyam.
·          Untuk bagian dalam tas, jahit dengan menggunakan busa tipis, kemudian jahit lagi dengan menggunakan kain dasar.
·          Lilitkan pita pada tali, lalu jahit pada bagian samping tas sebagai tali.
·          Jahit risleting pada bagian dalam tas.
·          Terakhir, beri hiasan dengan menggunakan pita, lalu jahit pada pita warna berbeda pada tas, agar tas terlihat lebih cantik.

Tas pita ini, masih jarang ditemukan di pasaran, bahkan mungkin tidak ada. Tas ini bisa Anda gunakan ketika Anda sedang jalan-jalan, berlibur, atau saat Anda mengunjungi teman Anda. Bagaimana? Anda tertarik? Silahkan Anda coba membuatnya sendiri di rumah.



Ide membuat tas pita ini muncul, ketika teman saya yang bernama Ajeng Sumawarni (Teteh Knza), berulang tahun. Saat itu, saya kebingungan harus memberikan kado yang seperti apa. Ketika saya melihat banyak sekali pita di rumah saya yang tak terpakai, tersirat di benak saya membuat suatu karya dengan menggunakan pita. Awalya saya masih kebingungan, apa yang akan saya lakukan? Lalu saya mencoba menganyam pita-pita tersebut, dan kemudian muncullah ide membuat tas dari pita. Bisa Anda lihat di bawah ini, tas pita pertama yang saya buat sebagai hadiah ulang tahun untuk Ajeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar