Kategori

Minggu, 19 Januari 2014

Membuat Desain PIN



Cara membuat desain PIN dengan menggunakan coreldraw

Langkah-langkah membuat Desain Pin dengan program CorelDRAW sebagai berikut:
1.    Buatlah lembar kerja baru dengan cara klik menu File > New, lanjutkan dengan klik File > Save pada Dialog Box yang muncul, isi nama File dengan ‘Desain Pin’ atau gunakan nama File sesuai dengan keinginan.
2.    Set ukuran kertas menjadi A4, ganti units ukuran menjadi centimeters, atur posisi kertas sesuai dengan keinginan. Untuk saat ini gunakan posisi kertas landscape.
3.    Buatlah lingkaran Pin, caranya klik icon Ellips Tool pada Toolbox, lalu buat lingkaran pada lembar kerja sambil menekan Ctrl pada keyboard untuk membuat lingkaran sempurna. Ganti ukuran pada Object(s) Size, panjang dan lebar menjadi 7 cm. Diameter 7 cm digunakan untuk ukuran Desain Pin 5,8 cm ukuran standar, atau 6 cm untuk ukuran pin 4,4 cm.


Membuat ukuran pin
4.    Untuk memberi warna, klik pada salah satu warna pada Colour Palet di sebelah kanan lembar kerja. Klik Fill Tool icon pada Toolbox dan pilih Fountain Fill Dialog untuk membuat efek warna Gradasi. Pilihlah dua warna yang berbeda pada Colour Blend dan atur Mid-Point sesuai dengan keinginan, ganti Type Linear menjadi Radial pada Dialog Box. Efek gradasi ini dibuat sebagai penentu garis batas desain pada lingkaran pin

Memberi warna gradasi
5.    Langkah selanjutnya, memasukan foto atau gambar ke dalam desain pin. Klik File > Import, pilihlah File atau Folder foto yang anda kehendaki.
6.    Jika anda ingin memperbesar atau memperkecil ukuran foto, sesuaikan dengan ukuran pin, dapat dilakukan dengan klik pada objek foto, kemudian klik pada salah satu titik Handle dan geser untuk memperbesar atau memperkecil. Untuk memutar objek, klik 2x(double klik), maka titik handle pada objek akan berubah menjadi tanda panah, lalu klik dan geser pada sudutnya untuk memutar objek foto.
7.    Memperbaiki kualitas foto pada program CorelDRAW, klik pada menu Effects > Adjust dan pilih salah satu fitur untuk memperbaiki kualitas foto, misalnya Brightness/Contrast/Intensity, lalu atur Pencahayaan, Kontras, atau Intensitas dengan menggeser slide pada Dialog Box sesuai dengan keinginan anda.
8.    Cara membuat teks kedalam Desain Pin, klik pada icon Teks Tool, ketik teks pada lembar kerja. Untuk mewarnai teks, pilihlah warna pada Colour Palet di sebelah kanan lembar kerja.

Membuat dan memberi warna teks
9.    Jika ingin membuat efek teks atau tulisan yang anda buat agar melengkung atau berbentuk lingkaran, anda klik icon Bezier Tool atau Ellipse Tool lalu buat garis melengkung atau lingkaran pada lembar kerja, kemudian klik pada kedua object, garis melengkung atau teks, sambil tekan shift pada keyboard, lalu klik menu Text > Fit Text to Path. Untuk menghilangkan garis, klik pada garis melengkung dan Delete.
10.    Anda dapat membuat background sendiri, menggunakan foto yang anda kehendaki, ataupun mencoba menggunakan fitur-fitur pada program CorelDRAW, seperti pada menu Bitmaps > Art Strokes > Cubist, atau fitur-fitur lainnya. Buatlah background selalu dengan ukuran kebutuhan desain.
11.    Pada ukuran kertas A4, untuk pin ukuran 5,8 cm dapat memuat 8 sampai 11 desain pin, dan pin ukuran 4,4 cm dapat memuat 11 sampai 15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar