Kategori

Selasa, 21 Januari 2014

Tas Lukis

tas lukis


Hai…
Sudah lama sekali saya tidak mengupload postingan baru diblog ini, Ok..sekarang saya akan berbagi sedikit pengetahuan saya tentang melukis tas.
Beberapa diantara anda mungkin sudah mengenal dan memahami jauh lebih baik tentang melukis pada media tas, dan buat anda yang belum mengenal apa itu melukis pada media tas?...akan saya jelaskan secara ringkas, mohon koreksi dan kritiknya jika penjelasan saya masih kurang sempurna.
1.       Media lukis
Yang perlu anda persiapkan pertama-tama adalah media untuk melukis,bisa berupa kain polos berjenis katun, sutra, satin, dan lain-lain sesuai selera anda.  Tetapi ada beberapa material kain yang  tidak bisa langsung anda lukis dan harus ditambahkan bahan khusus berupa Medium Acrilic cair pada pola yang sudah anda gambar terlebih dahulu. Setelah dioles tunggu kering,baru oleskan cat untuk melukis.
contohnya : beberapa jenis kain jilbab paris yang sangat tipis,  atau bisa anda coba dahulu, jika  cat yang anda oleskan pada kain selalu hilang, berarti anda harus menambahkan medium acrylic cair dahulu sebelum mengoleskan cat. Intinya jangan takut mencoba pada media apapun, jangan takut salah atau gagal.
2.       Alat
Alat yang anda butuhkan untuk melukis pada media kain diantaranya:
      Kuas, gunakan kuas khusus untuk cat tekstil.
Harganya memang terbilang lebih mahal daripada kuas biasa. Makin kecil nomernya maka makin tipis hasil goresannya.  Dan selalu ingatuntuk selalu mencuci setelah menggunakannya,keringkan dan olesi dengan lotion agar kuas tetap terjaga.
      Cat
Terdapat beragam merk cat untuk melukis pada media kain ataupun tas yang anda inginkan. Harganya pun beragam. Tapi untuk pemula, saya sarankan anda menggunakan cat acrylic Maries berupa tube, karena sangat praktis dan memudahkan anda. Tetapi jika anda menginginkan yang lebih mahal juga terdapat beragam merk yang biasanya dijual dengan kemasan botol per warna.
     Gelas berisi air untuk merendam kuas
      tissue
      Pola gambar pada tas. bisa dengan pensil kain atau pensil biasa. Dan bagi anda yang suka berekspresi tanpa sketsa, ya udah langsung aja corat-coret pada kain/ tas anda dengan cat acrylic tersebut. Masalah hasil, kan terserah selera anda…
3.       Cara:
Buat pola / sketsa pada kain/tas yang anda inginkan, lalu warnai dengan cat kain, trus tinggal  tunggu  kering….jadi dechhhhh… gampang banget khan..
 
Oke ini contoh dari kreasi saya..
Bahannya berupa kain shantung berwarna ungu tua. dengan tambahan korsase yang juga terbuat dari kain tersebut, dan pada ikatan tas saya tambahkan variasi berupa bros korsase handmade. Jadi kalau ikatan tali dilepas, dia bisa jadi tas panjang sepinggang, tapi kalau bosan tinggal diikat, dan bagian tengahnya ditambahkan bros korsase dengan bahan kain yang sama…
Ini dia hasilnya:

 Oke..
Selamat mencoba dan berkreasi sesuka anda..
Kalau mau yang super praktis ya tinggal pesan saja..
..see you soon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar